Muwashaffat Muslim

Muwashaffat Muslim
Assalamu'alaikum wr.wb

Selasa, 11 Januari 2011

Proses Tarbiyah

Tarbiyah adalah suatu proses pembelajaran sehingga ketika menjalankan proses tersebut, para peserta tarbiyah mendapatkan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Tarbiyah adalah sarana terbaik dalam mencetak generasi yang dapat melanjutkan perjuangan da’wah. Tarbiyah bukan hanya sekedar kita mengikuti mentoring atau pun liqo, tetapi tarbiyah adalah proses dalam mencetak generasi masa depan yang akan menegakkan panji-panji islam. Dahulu, Rasulullah menggunakan tarbiyah untuk merekrut para pengikut tidak hanya untuk memperbanyak jumlah kaum muslim, tetapi tujuan utama adalah untuk mempersiapkan regenerasi para pejuang da’wah yang akan berjuang menegakkan syariat islam. Dalam proses tarbiyah tidak hanya untuk menjadikan sarana penguatan iman tetapi tarbiyah juga merupakan proses regenerasi da’wah. Oleh karena itu, seharusnya para peserta tarbiyah dapat menjadi generasi penerus dalam meneruskan jalan da’wah ini.
Selama mengikuti tarbiyah banyak hal yang telah saya dapat. Seperti yang telah diungkapkan di atas. Selain mendapatkan sarana untuk menguatkan iman, saya juga telah mendapatkan rasa kepedulian yang tinggi, yakni kepedulian terhadap generasi masa depan. Kita tidak hanya berfikir bahwa tarbiyah hanya untuk diri kita sendiri, hanya utuk menguatkan iman kita semata. Tetapi, dalam proses tarbiyah kita juga dituntut untuk menjadi penerus perjuangan da’wah. Perjuangan da’wah bukanlah hal yang mudah, perjalanan da’wah adalah hal yang berat butuh pengorabanan sebab dalam menjalani da’wah ini, kita pasti menemui kesulitan, rasa sakit dan kelelahan yang berarti. Namun, semua itu akan luntur jika kita menjalaninya secara ikhlas.
Sementara, hal yang ingin didapatkan melalui tarbiyah adalah sebagai leaders creator. Tarbiyah harus selalu dilakukan untuk membentuk para leader. Kita selalu berawal dari seorang murid yang terus belajar, namun suatu saat nanti kita akan menjadi seorang leader. Tetapi, menjadi seorang ledaer pun tak cukup sebab untuk membangun islam, tidak bisa hanya dilakukan oleh satu atau sekolompok orang. Islam harus di bangun oleh para pengikutnya. Oleh sebab itu, kita juga harus menjadi leaders creator. Selain dibina, kita juga harus membina itulah wujud kontribusi kita sebagai seorang muslim untuk membangun islam. Bahkan, suatu saat nanti kita akan menjadikan diri kita sebagai creating leaders creator. Semua itu bisa terlaksana jika kita melaksanakannya secara ikhas dan hanya mengharap ridho Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar