Muwashaffat Muslim

Muwashaffat Muslim
Assalamu'alaikum wr.wb

Kamis, 06 Januari 2011

Pentingnya Ridho Allah


Pentingnya Ridho Allah

Banyak pertanyaan yang harus diungkap selama kita hidup. Pertanyaan yang sengguh sederhana tetapi dapat mengubah hidup kita.
Untuk apa kita hidup?
Untuk apa kita belajar?
Untuk apa untuk apa kita beribadah?
dari semua pertanyaan itu, ternyata hanya dibutuhkan satu jawaban untuk menjawabnya yakni untuk mencari ridho Allah. Batapa pentingnya ridho Allah dalam hidup kita, tanpa ridho dari-Nya, kita hanya melakukan semua kegiatan kita secara hampa dan tidak memiliki arti sama sekali. Sekarang ini, banyak orang-orang yang mengaggap remeh mengenai ridho Allah banyak yang tidak mengerti apa kaitannya ridho Allah dengan semua kegiatan yang kita lakukan selama hidup kita. Berikut merupakan gambaran pentingnya ridho Allah dalam segala aktivitas yang kita lakukan.
                Kejadian ini terjadi di suatu sekolah SMA terkemuka di Indonesia. Pada hari itu, para siswa belajar seperti biasa tak ada yang istimewa terjadi di sekolah tersebut selain semangat belajar yang sangat besar dari para siswanya terlebih siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional. Sampai suatu hari, dimana para siswa kelas XII dari suatu kelas mengharapkan kedatangan guru yang aan memberikan materi pelajaran. Namun, dari jam pertama sampai jam terakhir tidak ada satu orang guru pun yang datang ke kelas tersebut dikarenakan sebagaian guru yang mengajar pada hari itu sakit dan sebagian lagi menjalankan dinas di luar sekolah. Karena mendengar bahwa pada hari itu tidak ada guru yang masuk ke kelas tersebut, anak-anak pun kecewa. Salah seorang dari mereka kemudian berkata : “Lebih baik di rumah dah, bisa belajar sendiri. Dari pada di sekolah guru ga ada ngabisin waktu aja”.    
                Apakah teman-teman tahu bahwa sesungguhnya perkataan yang dikatakan oleh anak tersebut merupakan salah tu bukti bahwa dalam belajar, ia tidak memiliki tujuan untuk mencari ridho Allah. Sebenarnya, untuk semua kegiatan yang kita kerjakan di dunia ini, Allah hsnys meminta sebuah proses. Semua hasil baik maupun buruk itu adalah kehendak Allah. Meskipun sebenarnya tidak ada yang buruk di dunia ini sebab Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita.
Ketika kita datang ke sekolah sebenarnya itu merupakan salah satu bentuk jihad kita. Dan semua kegiatan yang kita lakukan di sekolah akan diberikan pahala oleh Allah, kemudian apabila kita merasa mengeluh terhadap kegiatan yang kita lakukan bahkan mrnganggap bahwa itu merupakan kegiatan yang tidak bermanfaat, saya takut itu akan menghapus pahala kita yang harusnya bisa kita dapatkan dari perjalanan kita ke sekolah.
Meraka yang mencari ridho Allah, dalam setiap kegitannya tidak akan melangga aturan yang ditetapkan Allah. Mereka selalu yakin bahwa hasil yang mereka peroleh adalah kehendak Allah dan mereka yakin bahwa segala hasil yang mereka peroleh merupakan kehendak Allah. Selain itu,mereka juga selalu mengusahakan kegiatannya dengan sebaik mungkin sebab menurutnya, bila ia berusaha dengan baik maka Allah akan memberikan ganjaran yang terbaik bagi dirinya.  
Semoga ini bisa menjadi renungan bagi kita semua khususnya saya pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar