Muwashaffat Muslim

Muwashaffat Muslim
Assalamu'alaikum wr.wb

Rabu, 26 Januari 2011

Atom

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur. Terdapat partikel yang lebih kecil (meson, puon, muon dan positron) semuannya tidak ada hubungannya dengan struktur atom. Inti atom <<< atom dengan ρ = 1013 - 1014 g cm-3, atom lebih banyak terisi oleh ruang kosong. Banyak teori mengenai bentuk atom. Teori paling klasik adalah teori yang di ungkapkan oleh Dalton yakni atom adalah “sebuah bola pejal”. Tetapi, teori itu gugur seiring ditemukannya elektron oleh J.J Thomson dan beliau mengungkapkan bahwa atom terdiri dari elektron dan muatan positif yang tersebar di seluruh atom sehingga atom bisa bermuatan netral. Kemudian muncul Rutherford yang mengadakan eksperimen dengan cara menembakkan partikel alfa ke arah lempen emas yang tipis dan beliau menyimpulkan bahwa atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan elektron yang mengelilinginya. Kemudian Neils Bohr dengan pendekatan fisika klasik menganggap bahwa atom seperti sebuah sistem tata surya. Dan yang terakhir adalah model atom Mekanika Kuantum.


Atom hidrogen meskipun 1s1 namun memiliki n > 1 sesuai dengan rumus Rydberg.

Saat elektron n=1, adalah energi terendah sebab energi elektron untuk hadir di n=1 itu adalah terendah sesuai dengan prinsip aufbau tetapi untuk mengusir elektron pada n=1 energi yang dibutuhkan sangat besar. Elektron dalam pengisian sebuah atom, akan memiliki 4 buah bilangan kuantum yang bisa menentukan probabilitas ditemukannya elektron dalam suatu orbital yang bisa ditentukan dalam berbagai persamaan.
n = menunjukkan bilangan kuantum utama = kulit elektron
l  = menunjukkkan bilangan kuantum azimuth = orbital elektron
m = menunjukkan bilangan kuantum magnetik = orientasi orbital elektron
ms = menunjukkan bilangan kuantum spin = spin elektron dan orientasi magnetik
Untuk menentukan bilangan kuantum suatu elektron, yang nilainya tertentu, dibutuhkan persamaan yang sangat rumit dari kimia kuantum tetapi kita tidak akan membahas hal ini sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar