Muwashaffat Muslim

Muwashaffat Muslim
Assalamu'alaikum wr.wb

Rabu, 09 Februari 2011

Al -Qur’an Sumber Ilmu yang Pasti


               Bila kita selalu bercermin terhadap seluruh sumber pengetahuan umum yang telah kita ketahui sekarang, kita akan melihat bahwa ternyata suatu teori bahkan hukum yang telah ditetapkan oleh seorang ahli begitu kuat dan mempengaruhi kita semua. Tapi, apakah kita tidak pernah tersadar bahwa semua teori  atau hukum yang telah kita ketahui adalah suatu pembantahan terhadap teori atau hukum yang telah ada sebelumnya. Sebagai contoh, Aristoteles sebagai seorang filusuf yang namanya selalu ada di hampir setiap buku pelajaran yang ada di sekolah kita teorinya begitu kuat sehingga mendominasi pikiran orang-orang selama berabad-abad. Tetapi, sekarang hampir semua teorinya dibantah oleh Ilmuwan modern. Ini menandakan bahwa suatu pengetahuan yang bersumber dari manusia bisa saja merupakan suatu hal yang salah dan mungkin suatu saat nanti, teori yang sekarang kita yakini biisa runtuh.
                Ilmu yang kita pelajari sekarang seperti sebuah bangunan yang kokoh dan tidak terlihat suatu keretakan dalam bangnan tersebut. Tetapi, memiliki suatu titik lemah yang bila digoncangkan maka bangunan tersebut pun runtuh secara seketika. Oleh karena itu, kita jangan terperdaya terhadap pengetahuan yang di agung-agungkan oleh orang barat sebagai suatu hal yang mutlak dan harus dipercaya.
                Tidak membangga-banggakan suatu pengetahuan bukan berarti kita tidak belajar. Sebab, kita sebagai seorang muslim wajib memilliki pengetahuan agar tidak ditipu dan dipermainkan oleh orang non-muslim. Yang perlu kita lakukan adalah menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan bagi semua pengetahuan yang telah kita pelajari. Ingatlah saudara ku, semua ilmu yang kita miliki hanya sedikit dari ilmu Allah yang sangat banyak dan sesungguhnya ilmu yang telah kita peroleh merupakan suatu pemberian rahmat dari Allah s.w.t.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar