Muwashaffat Muslim

Muwashaffat Muslim
Assalamu'alaikum wr.wb

Jumat, 06 Januari 2012

Islam Menunggu Kita (Part 2)


2.       2. Pendidikan
Sebelumnya telah di bahas mengenai ibadah sekarang mengenai pendidikan. Seberapa pentingkah pendidikan bagi perjuangan islam? Jawabannya adalah sangat penting. Kita mungkin tahu bahwa orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan oleh Allah beberapa derajat. Dan kita juga sering mendengar bahwa ilmu tanpa iman tak ada gunanya begitu pula iman tanpa ilmu. Oleh karena itu, pendidikan merupakan sebuah jalan penting bagi kejayaan islam. Tapi, menjadi sebuah pertanyaan kembali apakah pedidikannya itu hanya berbasis pada pendidikan agama? Tentu tidak, pendidikan agama memang penting dan wajib dimiliki oleh setiap muslim. Tetapi, dalam ilmu lain (Ilmu falak, sosial, ekonomi dll) tentu juga dibutuhkan dalam perkembangan dunia islam. Kita mungkin pernah mendengar banyak ilmuwan muslim berkontribusi dalam mengubah dunia, sebagai contoh Ibnu Sina, Jabbir ibnu Hayyan, Al-Khawarizmi, Ar-Razi, Al-Kindi dll. Hal ini mungkin berbeda dengan dunia islam sekarang. Hari ini, kita jarang sekali mendengar ilmuwan muslim yang tampil sebagai seorang yang menggugah dunia.
Menjadi sebuah renuangan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kekita sebuah pertanyaan kita lontarkan kepada para aktivis da’wah baik yang masih SMA maupun telah kuliah tentang informasi yang meraka percaya dari 3 buah sumber (Al-Qur’an, Televisi, Internet dan Buku). Mungkin sontak akan terdengar bahwa Al-Qur’an menjadi prioritas hal yang paling dipercaya kemudian buku, internet dan terakhir adalah televisi. Hal ini merupakan suatu yang wajar sebab dari segi kajujuran informasi dibandingkan internet, televisi kurang dapat dipercaya sebagai suatu media yang jujur sebab banyak orang-orang yang bisa berkesempatan untuk merekayasa informasi tersebut dan tentunya Al-Qur’an sebagai sumber pengetahuan dan informasi yang paling valid dan tidak diragukan lagi kebenarannya. Tetapi, bila kita bertanya kembali bagaimana perbandingan waktu mereka dalam mengakses informasi dari sumber-sumber tersebut ? Apakah Al-Qur’an kembali menjadi yang pertama? Mungkin urutan akan berubah dan internet menjadi sumber informasi yang sering diakses. Ini sebuah hal yang aneh di sisi lain kita menganggap bahwa Al-Qur’an adalah sumber yang pasti, namun kita jarang mengaksesnya. Lantas bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan pengetahuan/informasi yang benar-benar nyata sedangkan kita jarang mengakses hal tersebut. Selain itu, kita harus ingat bahwa para ilmuwan muslim terdahulu melaksanakan segala riset dan penelitiannya berdasarkan Al-Qur’an. Jadi, sebagai seorang muslim kita tidak boleh menyepelekan peranan Al-Qur’an.
Kemudian masalah pendidikan ilmu dunia. Mungkin kembali menjadi sebuah renungan dan masalah yang harus diselesaikan di kalangan aktivis da’wah. Sungguh aneh bila ternyata sekarang ini menjadi sebuah kewajaran bila seorang aktivis da’wah mendapatkan nilai akademis yang buruk. Ketahuilah saudaraku, islam tidak hanya dibutuhkan ketika kau berada di kampus atau sekolahmu. Tapi lebih dari itu, islam membutuhkkanmu ketika kau telah terjun ke masyarakat dan membina mereka. Sekarang, apakah kau akan menyianyiakan sesuatu yang dapat memiliki kontribusi yang lebih besar ? Saudaraku, aturlah waktumu sedemikian rupa sehingga kau dapat membagi antara porsi da’wahmu dengan akademismu. Ingatlah wahai saudaraku, yang kau perjuangkan bukanlah acara-acara yang tertulis dalam buku agenda LDK atau buku agenda ROHISmu.
Saudaraku, perjuangkanlah seluruh agenda da’wah di LDK atau ROHISmu. Namun, berjuanglah juga di bidang ilmu dunia yang kau kuasai karena di luar sana banyak orang yang lebih membutuhkan kontribusimu dibandingkan dengan ceramahmu.    

1 komentar:

  1. salaamun'alaikum. .
    subhanallah. . alhmdlh tergugah kembali!!

    saya setuju bgt, dunia pendidikan salah satu tempat strategis pembinaan muslim, tak sebatas Ilmu fardu 'ain (agama), juga yg fard kifayah (ilmu kehidupan/ profesi)..

    Syukran,salam silaturahim..

    owh ya antum punya akun facebook/ twitter?.. boleh sharing?..
    #Sang Pecinta Ilmu
    a.salim44153@yahoo.com

    BalasHapus